VISI
“ Mengembangkan program pendidikan dasar berbasis kearifan lokal yang unggul, berdaya saing, berkarakter dan adaptif terhadap teknologi ditingkat ASEAN pada tahun 2030”
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing
- Menghasilkan lulusan yang mengimplementasikan kearifan lokal dalam proses pembelajaran atau dalam memimpin di satuan pendidikan
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter JAWARA
- Menghasilkan lulusan yang menguasai teknologi untuk proses pembelajaran
- Mendesiminasikan hasil penelitian pada masyarakat dalam bentuk pengabdian
STRATEGI PENCAPAIAN PRODI
No | INDIKATOR
KINERJA UTAMA |
SASARAN | INDIKATOR | TARGET | Tahun (Kumulatif) | ||||||||
2022 | 2023 | 2024 | 2025 | 2026 | 2027 | 2028 | 2029 | 2030 | |||||
Tujuan 1 Menghasilkan lulusan yang unggul, dan berdaya saing |
|||||||||||||
Strategi 1.1 | Capaian hasil belajar mahasiswa | Peningkatan hasil belajar | Rata-rata Indeks Prestasi komulatif (IPK) | Rata-rata IPK 3.80 | 3.50 | 3.55 | 3.60 | 3.65 | 3,70 | 3.75 | 3.80 | 3.80 | 3.80 |
Strategi 1.2 | Capaian lulus tepat waktu | Peningkatan lulus tepat waktu | Rata-rata lulus (dalam tahun) | 2 (tahun) | 2.25 | 2.25 | 2.25 | 2.2 | 2.2 | 2.2 | 2.1 | 2.1 | 2.0 |
Strategi 1.3 | Publikasi ilmiah mahasiswa di jurnal nasional terakreditasi (Sinta 1 – 4). | Meningkatnya jumlah publikasi mahasiswa di jurnal nasional terakreditasi (sinta 1 -4) | Jumlah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi (sinta 1 -4)50 | 50 artikel yang dimuat jurnal | 10 | 15 | 20 | 25 | 30 | 35 | 40 | 45 | 50 |
Strategi 1.4 | Publikasi ilmiah mahasiswa di jurnal international | Meningkatnya jumlah publikasi mahasiswa di jurnal t international | Jumlah publikasi pada jurnal internasional/prosiding terindeks badan pengindeks dunia ternama (Scopus atau WOS) | 5 artikel | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 3 | 3 | 4 | 5 |
Strategi 1.5
Strategi 1.5 |
Penelitian dosen dengan sumber dana dari luar Perguruan Tinggi (PT) | Peningkatan jumlah penelitian dosen dari luar PT | Jumlah Penelitian Dosen | 10
Penelitian |
2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
Strategi 1.6
|
Publikasi artikel dosen dijurnal nasional terakreditasi. (Sinta 1-2) | Peningkatan jumlah arikel dosen di jurnal terakreditasi (sinta 1 – 2) | Jumlah artikel penelitianDosen | 15 artikel penelitian | 4 | 8 | 10 | 12 | 12 | 13 | 13 | 14 | 15 |
Strategi 1.7
|
Publikasi artikel dosen dijurnal internasional | Peningkatan jumlah arikel dosen di jurnal internasional | Jumlah artikel penelitianDosen | 6 artikel | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 3 | 4 | 5 | 6 |
Strategi 1.8 | Pengabdian dosen dengan sumber dana dari Perguruan Tinggi (PT)T sendiri dan luar Perguruan Tinggi | Peningkatan jumlah pengabdian | Jumlah pengabdian | 5 | 2 | 3 | 3 | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 |
Strategi 1.9
|
Nilai TOEFL mahsiswa | Meningkatnya skor TOEFL | Skor TOEFL | 550 | 450 | 450 | 450 | 470 | 480 | 490 | 500 | 525 | 550 |
Tujuan 2 Menghasilkan lulusan yang mengimplementasika kearifan lokal |
|||||||||||||
Strategi 2.1 | Penelitian mahasiswa(tesis tentang kearifan lokal) | Meningkatnya jumlah tesis dengan tema kearifan lokal | Jumlah tesis tentang kearifan nlokal | 100% | 0 | 0 |
|
50% | 75% | 100% | 100% | 100% | 100% |
Strategi 2.2 | Kuliah lapangan tentang kearifan lokal | Meningkatnya kuliah lapangan | Jumlah Mata Kuliah, kuliah lapangan | 14 | 0 | 1 | 3 | 6 | 8 | 10 | 12 | 13 | 14 |
Tujuan 3. Menghasilkan lulusan yang berkarakter JAWARA
|
|||||||||||||
Strategi 3.1 | Kuliah yang mengintegrasikan pembentukan karakter jawara | Meningkatnya MK yang mengintegrasikan dengan pembentukan karakter | Jumlah MK yang mengitegrasikan dengan pembentukan karakter | 16 | 0 | 2 | 4 | 6 | 8 | 10 | 12 | 14 | 16 |
Tujuan 4 Menghasilkan lulusan yang menguasai teknologi untuk proses pembelajaran
|
|||||||||||||
Strategi 4.1 | Kuliah yang mengintergrasikan teknologi dalam pembelajaran | Meningkatnya MK yang mengintegrasikan teknologi | Jumlah MK yang mengintegrasikan teknologi | 16 | 0 | 2 | 4 | 6 | 8 | 10 | 12 | 14 | 16 |
1. Tujuan 5 Mendesiminasikan hasil penelitian pada masyarakat dalam bentuk pengabdian
|
|||||||||||||
Strategi 5.1 | Pengabdian yang melibatkan mahasiswa
|
Meningkatnya pengabdian | Jumlah pengabdian | 10 | 0 | 4 | 5 | 6 | 8 | 10 | 10 | 10 | 10 |